membuat mailing

Diposting oleh Informasi Terkini on Minggu, 10 Juni 2012

 Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger dengan format surat tadi.

Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Contoh : Pastikan anda telah memiliki master surat serta rancangan database sebagai berikut :

No. Surat Nama Jabatan Alamat Kota
0023/SB/D/2010 Sukur Soedrajat Camat Jl. Jend. Sudirman 12 Prabumulih
0024/SB/D/2010 Reza Novalino Kepala Desa Jl. Jend. Sudirman 13 Prabumulih
0025/SB/D/2010 Wafa Gunawan Ketua Rt Jl. Jend. Sudirman 14 Prabumulih
0026/SB/D/2010 Indah Melati Ketua PKK Jl. Jend. Sudirman 15 Prabumulih
0027/SB/D/2010 Revi Lanovia Ka. Karang Taruna Jl. Jend. Sudirman 16 Prabumulih
Langkah 1
Langkah pertama bukalah file master surat yang digunakan dan klik pada Menu Maillings > Start Mail Merge > Letters.
Langkah 2
Selanjutnya klik Select Recipient dan pilih Type New List, seperti gambar dibawah ini :
Langkah 3
Pada jendela yang tampil klik Customize Columns, untuk memodifikasi field data source.
Langkah 4
Selanjutnya hapus semua field yang tidak digunakan dengan menekan tombol delete.
Langkah 5
Setelah semua field terhapus tambahkan field baru dengan menekan tombol add, seperti gambar berikut.
Langkah 6
Selanjutnya isikan data sesuai dengan keperluan pada setiap baris yang tersedia.

  

Langkah 7
Setelah semua data selesai dimasukkan tekan tombol OK dan simpan database tersebut satu folder dengan master surat, hal ini dilakukan untuk mempermudah jika dikemudian hari kita akan menggunakanya lagi dan mail merge akan terus berjalan.

Langkah 8
Selanjutnya untuk memasukkan data dari database, letakkan kursor dimana kita akan menempatkan data dan klik pada menu Insert Mail Merge > Klik kategori Field yang di inginkan.

clip_image017

Langkah 9
Langkah terakhir untuk melihat hasilnya klik Preview Result dan gunakan navigasi tombol next dan previous untuk melihat hasil data satu persatu.


 
Langkah 10
Selanjutnya untuk mencetak hasil surat yang menggunakan mail merge, klik menu Finish & Merge > Print Document, pilih all untuk mencetak keseluruhan data berdasarkan urutan di database.


Note : Selain langkah yang telah dijelaskan diatas yaitu dengan memilih type new list (langkah 2), kita juga bisa menggunakan langkah dengan memilih use existing list, yaitu memilih data source yang telah kita buat sebelumnya, jika anda memilih menggunakan cara ini, sebelumnya anda harus membuat tabel data source nya terlebih dahulu melalui microsoft office excel dan menyimpanya satu folder dengan master surat induk. Langkah ini lebih mudah anda lakukan dan untuk memasukkan data anda bisa mengulangi langkah diatas pada langkah ke-8 sampai selesai.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar